LKS INDUKSI ELEKTROMAGNET
A. Tujuan
1. Siswa dapat menjelaskan konsep induksi elektromagnetik dan ggl induksi yang dihasilkan oleh dua jenis kumparan
2. Siswa dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi besar ggl induksi.
3. Siswa dapat
menentukan arah arus induksi berdasarkan perubahan fluks magnetik.
B. Masalah
1. Apa yang terjadi
ketika magnet digerakan keluar kumparan ?
2.……………………………………………………………………………………………………………………
3.…………………………………………………………………………………………………………………..
C. Pertanyaan
Penuntun
1. Buatlah
hipotesis mengenai masalah diatas.
a.…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
b.…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
c.……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Apa saja alat dan bahan yang
digunakan dalam percobaan ini.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Bagaimana
prosedur yang dilakukan pada percobaan ini.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
4. Tulislah data
yang didapatkan dalam bentuk tabel
No |
Banyak
Lilitan |
Kecepatan
magnet |
Ujung
Magnet |
Arah
Penyimpangan Jarum |
Kuat
Arus |
1 |
Cepat |
U |
|||
Lambat |
S |
||||
2 |
Cepat |
U |
|||
Lambat |
S |
5. Berdasarkan data
yang diperoleh bagaimanakah hubungan banyak lilitan terhadap arus yang
dihasilkan.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6. Buatlah
kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
0 Post a Comment:
Post a Comment