LKS Praktikum Melde
Tujuan
Alat dan Bahan
Langkah Kerja
Percobaan 1 (hubungan cepat rambat gelombang dengan tegangan tali)
1. Susunlah
peralatan seperti pada gambar di atas
2. Hidupkan
penggetar sehingga terbentuk gelombang seperti gambar berikut
3. Lakukan
percobaan untuk mencari hubungan antara cepat rambat gelombang pada tali dengan
tegangan tali. (Tegangan tali disebabkan karena beban gantung, sehingga besar
tegangan tali F=m.g) Lakukan percobaan untuk lima beban yang berbeda
4. Catatlah data hasil
percobaan dalam tabel, kemudian buatlah grafik sesuai dengan data table yang
diperoleh
Percobaan 2 (hubungan
cepat rambat gelombang dengan massa jenis tali)
1. Lakukan percobaan
untuk mencari hubungan antar jenis tali (yang dinyatakan dengan massa
persatuan panjang tali) µ = m/l dengan cepat rambat gelombang. Lakukan
percobaan ini untuk lima jenis tali yang berbeda
2. Catatlah data hasil percobaan dalam tabel, kemudian buatlah grafik sesuai dengan data table yang diperoleh
Data Hasil Percobaan
Percobaan 1
1. Data hasil percobaan untuk mendapatkan hubungan
antara tegangan tali dengan cepat rambat gelombang
No |
Massa
Beban (kg) |
Tegangan
Tali (N) |
Jarak
Simpul ke simpul (m) |
Panjang
gelombang (m) |
Frekuensi
(Hz) |
Cepat
Rambat (m/s) |
v2 |
m |
F |
x |
λ |
f |
v |
v2 |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
2.
Buatlah grafik hubungan antara tegangan tali (F) dengan kuadrat
kecepatan (v2 )
Percobaan 2
1. Data
hasil percobaan untuk mendapatkan hubungan antara jenis tali (µ) dengan cepat
rambat gelombang v2
No |
Massa
Beban (kg) |
Panjang
Tali (m) |
µ =
massa tali /Panjang tali |
Jarak
Simpul ke simpul (m) |
Panjang
gelombang (m) |
Frekuensi
(Hz) |
Cepat
Rambat (m/s) |
v2 |
m |
F |
µ |
x |
λ |
f |
v |
v2 |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Buatlah grafik hubungan
antara tegangan tali (F) dengan kuadrat kecepatan (µ )
Analisa Data
Percobaan 1
Percobaan 2
Dengan demikian cepat rambat gelombang pada tali tergantung pada
0 Post a Comment:
Post a Comment