EXPRESS YOUR EXPERIMENT IN THE LABORATORY

SMAN 1 KEBUMEN

LKS Teori Kinetik Gas

Praktikum Teori Kinetik Gas
(Persamaan Gas Ideal)

A. Tujuan

  1. Mengetahui hubungan antara jumlah partikel terhadap volume gas pada ruang tertutup. 

B. Alat dan Bahan

    Alat

  1. Model teori kinetik gas (1 set).
  2. Catu daya / Power Supply (1 buah).
  3. Kabel penghubung (2 buah).

   Bahan

  1. Manik-manik (20 butir).
  2. Spidol (1 buah).
  3. Penggaris (1 buah).

C. Prosedur Kerja atau Cara Kerja

1.    Menyusun alat kinetik gas.

2.    Memasukkan 10 manik-manik ke dalam model teori kinetik gas (diumpamakan sebagai partikel gas yang bergerak di ruang tertutup).

3.    Menandai piston manik-manik bagian atas pada bagian luar dengan menggunakan spidol.

4.    Menghubungkan model teori kinetik gas ke catu daya / power supply 12 V menggunakan kabel penghubung.

5.    Menekan tombol on pada catu daya / power supply.

6.    Menandai piston manik-manik bagian atas pada bagian luar dengan menggunakan spidol pada saat manik-manik bergerak.  

7.    Menekan tombol off pada catu daya / power supply.

8.    Mengukur ketinggiannya dengan menggunakan penggaris dan mencatat hasilnya.

9.    Mengulangi langkah satu sampai delapan sebanyak tiga kali.

10.  Menambah manik-manik secara perlahan menjadi 15 dan 20 butir.

11.  Mengulangi langkah satu sampai sembilan.

D. Data Percobaan

No

Jumlah manik-manik

Percobaan ke

 

Ketinggian piston

 

Volume Ruang (m3)

Rata-Rata Volume Ruang (m3)

1

10

1

 

 

 

2

 

 

3

 

 

2

15

1

 

 

 

2

 

 

3

 

 

3

20

1

 

 

 

2

 

 

3

 

 

Jumlah manik-manik = jumlah partikel gas

V ruang = V tabung = π x r2 x t

dengan π dan r sebagai variabel 

E. Grafik Hubungan antara Jumlah Partikel terhadap Volume Gas pada Ruang Tertutup

F. Kesimpulan

Share on Google Plus

About Tunggal Purwatisari Handayani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Post a Comment:

Post a Comment