Tujuannya :
- Siswa dapat menggunakan dan mengukur panjang menggunakan mistar, jangka sorong dan micrometer sekrup
- Siswa dapat menggunakan dan mengukur massa menggunakan neraca lengan dan neraca pegas
Alat dan bahan
Alat
- mistar 1 m
- jangka sorong
- micrometer sekrup
- neraca lengan
- neraca pegas
Bahan
- kelereng
- buku paket
- meja
- klem
- beban bergantung
Petunjuk Kerja
1. Siswa mengukur dan menggunakan 5 alat ukur
✓ alat ukur panjang > penggaris, jangka sorong dan mikrometer skrup
✓ alat ukur massa > neraca lengan dan neraca pegas
2. Setiap alat ukur digunakan untuk mengukur 2 objek benda
3. Satuan dari pengukuran ditentukan di awal dengan penulisan kaidah penulisan angka penting
4. Pengukuran ke 1, ke 2, ke 3, ke 4 dan ke 5 dilakukan oleh orang atau jumlah peserta kelompok, jadi setiap anak mengukur sendiri-sendiri dan hasilnya pun bisa berbeda setiap anak
5. Hasil pengukuran dari ke 4 anak di rata-rata
6. Pemilihan objek ukur disesuaikan dengan benda yang gampang dicari atau yang ada di depan mata.
7. Mencari kesalahan relatif dari pengukuran
0 Post a Comment:
Post a Comment